Jumat, 03 Juni 2016

Teknologi Pembelajaran

TUGAS  MAKALAH
PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT  POWER POINT

Oleh    :
Kiptiyah
 Kelas : A Madin 
 




  

   


Dosen Pengampu      : Bpk. Ali Rif’an M. Pd.I
MATA KULIAH      : Teknologi Pembelajaran PAI
PROGRAM STUDI             : Pendidikan Agama Islam
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
MA’HAD ALY AL-HIKAM
MALANG 2016




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunianya sehingga kami mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul, “Produksi Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point”. Sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, keluarga serta anak cucu beliau semoga senantiasa kita ungkapkan hingga hari kiamat. Tidak lupa ucapan terima kasih banyak kepada Bpk. Dosen Pengampu yang telah membimbing dan mengajari kami mata kuliah “Pembelajaran PAI”, dan juga teman-teman yang membantu pembuatan makalah ini.
  ucapan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bpk. Dosen Pengampu apabila banyak kekurangan dalam  pembutan makalah ini. Semoga makalah yang kami buat mampu memberikan kefahaman, baik pada diri kami pribadi, teman-teman, serta para pembacanya amin Ya Robbal Alamin.

Hormat kami

Kiptiyah









BAB I
 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Media adalah komponen penting yang terdapat pada proses pembelajaran. Penggunaan media ini amatlah penting karena mampu menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu penggadaan media pembelajaran merupakan tanggung jawab guru. Seiring dengan meluasnya dan bertambah majunya bidang komunikasi dan teknologi, serta tingginya dinamika pendidikan maka semakin meluas pula tututan penggunaan media yang lebih maju dan bervariasi didalam proses pembelajaran. Terutama teknologi computer yang menawarkan berbagai macam kemudahan yang mampu menghasilkan dan mengolah audio visual. Sehingga membuat media psembelajaran akan semakin lebih maju.
Microsoft power point adalah salah satu progam sofwer dari pada Microsoft yang bertujuan untuk mempermudah dalam mempresentasikan sebuah pembelajaran kepada para audiens ataupun peserta didik.dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk berkreasi, mengolah, dan menginput file audio atupun visual. Sehingga progam ini memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk menunjang pembelajaranataupun lain-lain.

1.2 Rumusan masalah
1.      Apa pengertian media pembelajaran dan Microsoft office power point ?
2.      Apa fungsi dan manfaat Microsoft office power point ?
3.      Bagaimana sejarah dan perkebangan Microsoft office power point?
4.      Bagaimana cara membuat media presentasi dengan Microsoft office power point ?
5.      Apa kekurangan dan kelebihan Microsoft office power point ?


1.3 Tujuan masalah
1.      Memahami pengertian media pembelajaran dan Microsoft office power point.
2.      Mengetahuai fungsi dan manfaat Microsoft office power point.
3.      Mengetahui sejarah dan perkembengan microsoft office power point.
4.      Mampu mengamplikasikan media presentasi dengan Microsoft office power point.
5.      Mengetahui kekurangan dan keebihan Microsoft office power point.














BAB II
 PEMBAHASAN
2.1 Pengertian produksi media pembelajaran Microsoft office power point
Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari “medium” yang berarti perantara atau penyalur. Artinya media adalah wahana ataupun alat penyalur pesan atau informasi. Ada beberapa definisi media menurut para ahli yang pada dasarnya semuanya memilki kesamaan makna berikut diantaranya :
Menurut Drs. Oemar Hamalik mengungkapkan bahwa media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan untuk lebih mengefektifkan kembali komunikasi dan interaksi pada proses pembelajaran.
Sedangkan Association for Education and Communication Tecnology (AECT) mendefinisikan media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi. Media hendaknya dapat dilihat, dimanipulasi, didengar ataupun dibaca.
Adapun Media pembelajaran dalam arti luas adalah setiap orang, materi ataupun peristiwa yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Ataupun segala sesuatu yang yang dapat menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Sedangkan dalam arti sempit media pembelajaran adalah sarana non oprasional (bukan manusia) yang digunakan pendidik yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.
Dari berbagai macam pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang mampu menyalurkan informasi sehingga mampu di fahami oleh peserta didik didalam proses belajar mengajar.
Adapun pengertian Microsoft office power point adalah progam computer atau berbasis multimedia untuk presentasi sebagai media yang menarik yang dikembangkan oleh Microsoft didalam paket Microsoft office. Aplikasi ini banyak digunakan dikalangan perkantoran, para pendidik, siswa dan trainer.
Atau juga Microsoft office power point didefinisikan dengan  sebuah progam computer untuk presentasi yang dikembangkan oleh microsoft pada paket aplikasi kantor mereka selain microsoft word, excel, access dan beberapa progam lainnya. Microsoft office power point berjalan diatas computer PC berbasis sistem operasi microsoft windows dan juga Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan diatas sistem operasi xenix.
Oleh karena itu bisa disimpulkan secara sederhana Pengertian sederhana tentang power point adalah  : Salah satu progam microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide.

2.2 Fungsi dan Manfaat Microsoft office power point
Untuk mengoptimalkan dan menunjang proses belajar mengajar agar lebih efektif dan fungsional maka, media pembelajaran sangatlah penting untuk dimanfaatkan. Penggunaan media dalam proses pembelajaran bertujuan untuk mempertinggi pemahaman dan daya cerna siswa terhadap informasi dan materi pelajaran yang diberikan.
Microsoft office power point merupakan salah satu progam berbasis multimedia yang dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi sebagai media komunikasi yang menarik. Ada beberapa hal yang menjadikan media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi. Media ini memiliki kemampuan pengolahan teks, warna, dan gambar serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya.
Penggunaan progam ini pun memiliki manfaat dan kelebihan sebagai berikut :
1.      Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf, dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.
2.      Lebih merangsang peserta didik untuk lebih mengetahui informasi bahan ajar yang tersaji.
3.      Pesan informasi secara visual mudah difahami peserta didik.
4.      Tenaga pendidik tidak perlu terlalu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
5.      Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan dan dapat dipakai secara berulang-ulang.
6.      Dapat disimpan dalam bentuk optic atau magnetic. (CD/Disket/Flashdisk), sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.
Adapun fungsi dari microsoft office power point adalah :
1.      Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide.
2.      Menambahkan audio, Video, gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi lebih menarik dan hidup.
3.      Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide
4.      Membuat presentasi dalam bentuk soft copy sehingga dapat diakses melalui perangkat computer.

2. 3 Mengetahui sejarah dan perkembangan power point
Aplikasi microsoft office power point pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskin dan Demis Austinse sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethougt, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi power point.
Pada tahun 1987 power point versi 1.0 dirilis dan komuputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. Power point pada masa tersebut masih masih berwarna hitam putih. Setahun kemudian versi baru dari power point muncul dengan dukungan warna. Setelah micontosh berwarna muncul kepasaran.
 Pada tahun 1990, versi microsoft windows dan power point (versi 2.0)muncul kepasaran, mengikuti jejak microsoft windows 3.0. Sejak tahun 1990, power point telah menjadi bagaian yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran microsoft office system (kecuali basic Education).
Versi baru adalah  microsoft office power point 2007(power point 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antar muka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan.
Perkembangan versi-versi power point.

No
Tahun
Versi power point
Sistem operasi
1
1987
Power point 1.0
Mac OS classic
2
1988
Power point 2.0
Mac OS classic
3
1990
Power point 2.0
Windows 3.0
4
1992
Power point 3.0
Mac SO classic
5
1992
Power point 3.0
Windows 3.1
6
1993
Power point 4.0
Mac OS classic
7
1995
Power point for windows 95
Windows 95, windows NT
8
1997
Power point 97
Windows 95/98 windows NT 4.0
9
1998
Power point 98
Mac OS classic
10
1999
Power point 2000
Microsoft windows 98, windows NT 4.0 windows 2000
11
2000
Power point 2001
Mac OS X
12
2001
Power point 2002
Widows 2000/XP
13
2002
Power point V.X
Mac OS X
14
2003
Power point 2003
Windows 2000 service pack 3, windows XP service pack 1, windows server 2003
15
2004
Power point 2004
Mac OS X
16
2007
Power point 2007
Microsoft windows vista, windows XP service pack 2, windows server 2003, windows sever 2

3.2  Cara sederhana membuat presentasi dengan Microsoft office power point
Adapun cara atau langkah-langkah sederhana untuk membuat presentasi dalam bentuk Microsoft office power point adalah :
1.      Buka Microsoft office power point, kemudian menu design. Lalu pilih theme yang kita sukai. Kemudian, kita bisa merubah colors, fonts, dan effectsnya sesuai kesukaan kita.
2.      Setelah kita memilih theme, lalu ganti tulisan click to add title dengan judul presentasi kita dari click to add tittle dengan deskripsinya. Kita juga mengganti dengan pola tulisan yang kita sukai.
3.      Untuk menambah slide kita bisa melakukannya di menu home kemudian klik new slide lalu pilih layout yang kita butuhkan.
4.      Jika kita ingin menghapus salah satu slide, kita tinggal klik slide yang akan dihapus. Kemudian, klik del pada keyboard. Kita juga bisa mengatur slide 1 menjadi slide 2 dengan cara drag and drop.
5.      Untuk menambahkan animasi pada pegantian slide kita bisa melakukan di menu animation. Klik lide yang akan diberi animasi, kemudian pilih mode animasi yang kita sukai. Jika semua slide ingin memakai animasi yang sama, silahkan klik apply to all.
Kita juga bisa menambahkan suara dikolom no sound dan mengatur kecepatan animasi dikolom fast. Klik automatic ally after jika kita menginginkan perubahan slide tanpa di klik mouse. Untuk melihat hasilnya silahkan klik preview yang berada di pojok kiri atas.
6.      Untuk menambahkan efek animasi ada teks atau gambar dalam presntasi, silahkan klik costume animation kemudian klik teks yang akan dikasih animasi, lalu pilih add effect.
7.      Klik slide show untuk melihat hasil keseluruhan (full screen).
8.      Jika presentasi udah dibuat, silahkan disimpan. Jika kita ingin mengeditnya dikemudian hari silahkan klik Ctrl+S. Tetapi jika      kita ingin menyimpan hanya di slide show, klik logo Microsoft office/ shave as/ power point show. Jika kita memilih ini hasilnya tidak akan bisa di edit lagi.[1]       
Itu semua adalah tata cara sederhana menggunakan aplikasi Microsoft office power point. Untuk supaya lebih memahamkan kita silahkan mencoba mengikuti prosedur panduan di atas.
3.3 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft office power point
Microsoft office power point untuk di pergunakan dalam media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan yang dimiliki microsoft office power point adalah :
1.      Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf, dan animasi. Baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.
2.      Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji.
3.      Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
4.      Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahn ajar yang sedang disajikan.
5.      Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan dan dapat dipakai secara berulang-ulang.
6.      Dapat disimpan dalam bentuk data optic/ magnetic (CD/ disket/ flashdisk). Sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.
Sedangkan disamping memiliki kelebihan microsoft office power point juga memiliki kekurangan diantaranya adalah :
1.      Harus ada persipan yang cukup menyita waktu dan tenaga.
2.      Jika yang digunakan untuk presentasi dikelas adalah PC, maka para pendidik harus direpotkan oleh pengangkutan dan penyipanan PC tersebut.
3.      Jika layar monitor yang digunakan terlalu kecil (“14-15”), maka kemungkinan besar, siswa yang duduk jauh dari monitor kesulitan melihat sajian bahan ajar yang ditayangkan di PC tersebut.
4.      Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untuk mengopereasikan progam ini. Agar jalannya presentasi tersebut tidak banyak hambatan.[2]











BAB III
 KESIMPULAN
3.1 Rangkuman
Ø  Media pembelajaran adalah penyalur informasi yang mampu mempengaruhi fikiran, perilaku peserta didik untuk meningkatkan efektifitas belajar sehingga mampu menimbulkan progam belajar mengajar yang maksimal.
Ø  Microsoft office power point adalah progam computer atau berbasis multimedia untuk presentasi sebagai media yang menarik yang dikembangkan oleh Microsoft didalam paket Microsoft office.
Ø  Mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dengan tampilan-tamilan yang beraneka ragam dan bisa dibawa kemana-mana dalam bentuk flashdisk, CD, serta disket.
3.2 Daftar Refrensi
http://tutorial89.com>office>power-point.html(6maret 14.30)



[1] www. Tutorial. com
[2] www. Rhayanti. Blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar